Sabtu, 09 Februari 2008

Praktek Klasifikasi Makhluk Hidup

Materi ini terdapat di kelas 7 semester 2. Sebagai satu metode untuk membuat siswa lebih memahami konsep tentang pengelompokkan makhluk hidup, siswa ditugaskan untuk

melakukan pengelompokkan sederhana terhadap 20 buah daun yang bervariasi. Berikut gambaran kegiatannya.


Berburu berbagai macam daun untuk kemudian dikelompokkan berdasarkan bermacam ciri yang teramati oleh siswa, misalnya: bentuk daun, bentuk tulang daun, warna daun, panjang/lebar daun, dll.




Suatu cara yang dilakukan oleh seorang siswa untuk mempermudah melihat ciri yang dimiliki daun yang diperolehnya.





Siswa membuat bagan dikotomi pengelompokkan daun sebagai bentuk laporan tertulis.




Berdiskusi tentang kesulitan yang dialami siswa dalam mengelompokkan daun, juga membandingkan cara pengelompokkan dengan siswa yang lain.




Setelah kegiatan tersebut selesai dilakukan, siswa kembali masuk ke dalam kelas. Kemudian guru membimbing siswa untuk melakukan diskusi kelas. Dalam diskusi ini akan terlihat bahwa pengelompokkan yang dilakukan oleh siswa yang satu bisa berbeda dengan siswa yang lain. Siswa juga dituntun untuk melihat bahwa dalam bagan dikotomi, semakin ke bawah, akan ditemukan semakin banyak persamaan daun yang berada dalam satu kelompok.

1 komentar:

Kami adalah : Mat Wid mengatakan...

Bagus. Guru pembimbing yang terhormat, anda telah memulai suatu langkah yang bagus, model pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan masa kini. Hayo lanjutkan. Jangan ragu untuk mendorong para siswa memilih dan membuat/merancang sendiri (tentu dengan bimbingan Anda)kegiatan pemelajaran mereka,buat dokumentasinya dan muat dalam bolg kreatif Anda. Hayo maju terus, saya suka lho. Salam Matwid