Senin, 09 Maret 2009

KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Makhluk hidup...??!
Buanyak buangeettt...
Gimana caranya anak-anak bisa belajar materi ini lebih "excite" lagi??
Metode ini mungkin bisa jadi pilihan: bermain games.

Beberapa games yang bisa digunakan dalam materi ini antara lain adalah:

1. Kwartet, seri tumbuhan.
BPK PENABUR Jakarta, telah menghasilkan kwartet seri tumbuhan yang bisa digunakan oleh anak untuk bermain sambil belajar, mengenal berbagai macam tumbuhan yang ada di Indonesia sambil mengenal kelompok tumbuhan apakah dia.
Ini dia gambarnya











2. Kartu Nama Latin Hewan
Mencocokkan 2 kartu yang berisi nama latin hewan dan nama Indonesianya. Berikut contoh kartunya









3.Animal Cards
permainan ini hampir mirip dengan kwartet, hanya saja satu set kartu hanya terdiri dari 3 kartu dan permainannya dilakukan dalam bahasa Inggris.

4.Wacky People
Belajar untuk menggunakan kunci dikotomi dengan cara yang lebih "lucu", karena siswa diminta untuk mencari nama tiap "makhluk" yang ada di gambar dengan menggunakan kunci dikotomi, yang berisi ciri-ciri dari setiap makhluk tersebut.

Games 3 dan 4 bisa di download dari www.science-teacher.com

Inilah foto- foto betapa serunya anak2 bermain sambil belajar!








Tapi...jangan hanya asik bermain saja, selesai bermain anak-anak diminta menuliskan skor yang mereka peroleh, kemudian diberikan tes tertulis tentang apa yang mereka mainkan. Misalnya :
Manakah diantara gambar berikut ini yang memiliki nama latin Canis familiaris??

Sekian dulu posting kali ini, sampai ketemu lagi di posting berikutnya... Salam

2 komentar:

Wahyu Wardian mengatakan...

Saya pernah coba metode learning by playing pada pembelajaran Biologi tentang rantai makanan, yaitu siswa diminta membuat karangan lagu bertema rantai makanan dengan memanfaatkan lirik lagu yang lagi ngetren ( dalam waktu 2x30 menit dan sisa waktunya ( 2x 15 menit) untuk presentasi per kelompok. Dan hasilnya seluruh siswa antusias dan merasa terlibat dengan enjoy tanpa merasa mengantuk atau bosen dengan metode yang kita gunakan. Selamat mencoba .................

natural science at smpk4 mengatakan...

Oke Wahyu, ma kasih masukannya. Learning by playing untuk rantai makan yang pernah saya lakukan, dengan menggunakan gambar, yang di pegang oleh masing2 siswa, nanti mereka dibiarkan berkeliaran di kelas, lalu diarahkan untuk mengejar mangsa, dsb... wadooh, seru banget, ada yang kejar2an nyari mangsa, dan berusaha lari. Selesai main, kita evaluasi setiap "moment" yang terjadi pada saat permainan.